SD Hikmah Teladan Menyongsong Hari Esok

Hari Esok yang Penuh Ketidakpastian

Hari esok adalah hari yang penuh ketidakpastian. Dari kata ”penuh ketidakpastian” berarti Anda hanya bisa sebatas meramal, berharap, berkeinginan dan selanjutnya berencana untuk suatu kondisi di hari esok.

Lalu selanjutnya, bagaimana harapan Anda mengenai kehidupan hari esok ? dan bagaimana rencana Anda untuk mengisi hari esok ? yang memang di luar jangkauan nalar anda sebagai manusia. Akan tetapi Anda harus tahu, bahwa Allah SWT telah menetapkan agar setiap orang berencana untuk hari esok dengan bekerja dari mulai sekarang dan saat ini, sebab kondisi hari esok sangat tergantung kepada bagaimana perwujudan saat ini. Inilah yang disebut hukum kausalitas kehidupan menurut Islam. Adapun tujuan adanya hukum kausalitas atau sebab akibat yang dicanangkan oleh Allah SWT terhadap hamba-Nya ini adalah untuk membuka semua mata terhadap realita, bahwa kita manusia kelak tidak akan luput dari segala niat dan amal kita sekarang ini.

Falsafah Hari Esok SD Hikmah Teladan

Sengaja saya membuka wacana ini dengan perenungan mengenai hari ini dan hari esok berdasarkan ketentuan Allah SWT. Sebab SD Hikmah Teladan pun telah menjadikan landasan falsafah bagi keberadaannya dengan landasan ini, yaitu :

“…..hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok ……” ( QS. Al-Hasyr : 18 )

Dan selanjutnya, falsafah ini telah menjadi pemikiran dan prinsip dasar bagi organisasi dari seluruh civitas SD Hikmah Teladan. Ini menjelaskan bahwa SD Hikmah teladan telah memiliki prinsip untuk berpikir dalam kerangka perwujudan hari esok, bertindak dalam kepentingan saat kemudian dan siap bertanggung jawab ketika bertemu dengan masa depan.

SD Hikmah Teladan memiliki persiapan dengan unsur-unsur di dalamnya untuk menyusun masa depan. Masa depan yang ditampakkan dengan kualitas para lulusannya yang mampu berdaya juang dan berpandangan terang dalam meniti kehidupan selanjutnya. Terlebih lagi, memiliki bekal dalam mengarungi samudera hayati mereka dengan penuh konsentrasi bukan saja pada kehidupan sekarang tetapi juga kehidupan mendatang.

Visi Hari Esok SD Hikmah Teladan

Mengenai masa depan SD Hikmah Teladan tidak akan lepas dari visi dan misi yang telah ditetapkan. SD Hikmah teladan sudah tentu menginovasi dan memosisikan diri sebagai agen pembentuk masa depan sebagaimana falsafah yang dipegangnya, bahwa ”setiap diri hendaknya memperhatikan apa yang diperbuatnya untuk hari esok”. Dan kenyataannya, SD Hikmah Teladan memang telah merencanakan dan mewacanakan untuk menjadi salah satu sekolah terdepan dengan menerapkan era konsepsi pendidikan dengan berlabel Pendidikan Anak Merdeka (PAM). Visi inilah yang membentuk materi-materi program pendidikan atau kurikulum yang ada di SD Hikmah Teladan, untuk diterapkan saat ini dan dipetik hasilnya di kemudian hari.

”Mempersiapkan generasi mendatang agar mampu hidup pada zamannya”. Selain visi yang tertera di atas, visi ini pula yang secara tidak langsung melandasi gerak langkah SD Hikmah Teladan yang sekaligus menjadi visi dari perguruan Darul Hikmah. SD Hikmah Teladan berada di bawah otonomi Perguruan Darul Hikmah, sehingga berkewajiban merealisasikan visi ini. Visi ini merupakan konsep pembentuk zaman yang diwakili oleh para cendikia cilik yang menjadi keluarga utama di SD Hikmah teladan. Merekalah siswa – siswi yang mampu hidup di zamannya dengan peradaban dan kebudayaan yang senantiasa berbeda dan berwarna. Selanjutnya dapat dijelaskan, bahwa konsep Anak Merdeka yang dikembangkan oleh Hikmah Teladan adalah dalam rangka upaya mempersiapkan anak didiknya agar hidup sesuai dengan zamannya melalui ke”merdeka”an siswa sesuai penanaman visi SD Hikmah Teladan.

Dengan kedua visi yang saling menguatkan ini dapat diambil benang merah bahwa SD Hikmah Teladan yang dinaungi Perguruan Darul Hikmah, bercita-cita untuk memperoleh cerita dan citra sebagai juru kunci pembuka rasa dan karsa para siswa, agar menjadi insan masa depan dan memiliki kompetensi hidup pada zamannya dengan landasan pendidikan yang berprinsip PAM (Pendidikan Anak Merdeka).

Pertanyaan yang perlu dimunculkan, Apakah Pendidikan Anak Merdeka dapat menjawab semua ketidakpastian hari esok ? terlebih berkaitan erat dengan pendidikan anak sebagai agen masa depan. Kemudian, anak – anak seperti apakah yang mampu PAM bentuk dan akan menjadi apakah anak – anak tersebut setelah mereka bertemu dengan zamannya ?.

Umar bin Khatab berucap : ”Ajarilah anakmu, karena mereka akan hidup bukan pada masamu.” SD Hikmah Teladan memaknai ucapan Umar ini menjadi salah satu falsafah yang diemban. Dan ternyata dari ucapan ini setelah diteliti dapat menjadi pernyataan pembuka mengenai prinsip pendidikan SD Hikmah teladan secara tersirat yaitu ”ajarilah anakmu dengan prinsip PAM, karena anakmu tidak akan hidup pada masamu saat ini, mereka hidup pada masanya atau dengan kata lain ”ajarilah anakmu untuk merdeka karena anakmu adalah penghuni masa depan dunia ini”. Untuk itu dapat dipahami bahwa anak SD Hikmah Teladan merupakan anak merdeka saat ini, anak merdeka dengan kemerdekaan yang dimilikinya berupa kemerdekaan dalam berpikir, berbuat, bersosialisasi dan belajar pada saat ini. Perhatian yang perlu dimunculkan adalah seberapa tepat merdekanya anak di SD Hikmah Teladan ini dalam berpikir, berbuat, bersosialisasi dan belajar tersebut ? Apa yang muncul kemudian dari sikap kognitif, afektif, sosial dan pedagogik anak itu sendiri setelah dialiri oleh PAM ? Apa yang mereka dapatkan pada hari esok, setelah hari ini diberikan kesempatan menjadi seorang AM atau anak merdeka ?

Quovadis SD Hikmah Teladan : Merdekanya Anak atau Anak Merdeka

Berlanjut ……..

Catatan :

Visi merupakan impian lembaga dan ekspresi suatu harapan di masa yang akan datang. (menurut SDHT)

Misi adalah arah yang ingin dicapai atau merupakan penjabaran dari visi. (menurut SDHT)

Visi Perguruan Darul Hikmah

”Mempersiapkan generasi mendatang agar mampu hidup pada zamannya”

VISI SD HIKMAH TELADAN
“Menjadi sekolah terdepan dalam menerapkan konsep Pendidikan Anak Merdeka”

MISI SD HIKMAH TELADAN
“ Menciptakan Lingkungan yang Kondusif bagi Pengembangan Karakter Anak Merdeka”

Falsafah SD Hikmah Teladan

(Pemikiran dan prinsip dasar lembaga yang menjadi parameter bagi organisasi dan karyawan)

“…..hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok ……” ( QS. Al-Hasyr : 18 )

“Ajarilah anakmu, karena mereka akan hidup bukan pada masamu.” (Umar bin Khatab)

Slogan/Motto Sd Hikmah Teladan

”Mendidik Anak agar Belajar Berani Mencoba”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s